Monday, December 13, 2010

SINGA

Coba bayangkan jika anda bisa berteriak kepada teman yang jaraknya (dari tempat anda berdiri) beberapa kilometer. Begitu juga dengan singa. Kalo mereka mengaum bisa terdengar beberapa kilometer. Dengan begitu singa pantas mendapat julukan raja binatang buas. Ada dua jenis singa Africa dan Asia. Singa tinggal di  grassy plains, sabannas, and dry woodlands di  Africa and India. Mereka tidak suka hidup dihutan rimba.  Singa jantan besar dan kuat. Berat mereka dari 330 ke 550 pounds (150 ke 250 kilograms) dan berdiri sekitar 4 kaki (sekitar 1.2 meters). Singa betina lebih kecil dari singa jantan. Singa hidup dengan kelompok bernama "pride".
Terdapat 35 jantan, betina dan bayi singa dalam satu pride. Singa betina berburu bersama dan mengurus bayi singa bersama. Singa jantan bergabung bersama dengan kelompok itu dan menikah dengan singa betina untuk menghasilkan bayi singa. Singa tidak membantu mengurus bayi singa. Singa jantan menjaga wilayah mereka. Mereka terus berusaha untuk menjauhkan singa jantan lain untuk menjauh dari kelompok mereka. Ketika bayi singa betina tumbuh dewasa mereka tinggal didalam kelompok sedangkan singa jantan harus meningalkan kelompok mereka. Singa suka berburu pada malam hari. Mereka berburu sendiri atau dalam kelompok. Singa yang sendiri juga akan berburu buruan yang lebih  kecil seperti kelinci atau warthog. Singa pelan dan tidak berisik menerkam binatang itu. Kalo buruannya melihat singa dan lari, singa biasanya akan menyerah. Ketika singa sudah dekat dengan buruannya, dia akan berlari dan menerkamnya. Dia mengambil binatang buruannya dengan gigi dan kuku singa, mendorongnya ketanah, dan membunuhnya. Group singa akan berburu binatang buruan yang lebih besar, seperti buffalo, zebras, dan bisa giraffes.
Group singa akan mengelilingi binatang itu untuk menjebaknya. Sebagian singa akan membawa binatang buruan kepada singa - singa yang sudah menunggu. 2 atau lebih singa akan mengambil lalu menjatuhkan binatang itu ke tanah. Singa juga akan mencuri binatang buruan yang telah dibunuh oleh binatan lainnya, seperti hyenas. Group singa akan makan bersama. Jantan makan duluan. Lalu betina makan. Bayi singa makan terakhir. Singa adalah kucing besar yang kuat. Bersama dengan harimau, singa dan harimau adalah kucing terkuat diseluruh dunia. Singa mempunyai pundak yang besar, kaki depan yang panjang, dan kaki  yang kuat. Kaki mereka mempunyai cakar yang kuat, panjang dan tajam. Untuk membuat kuku mereka tetap tajam, singa memsukkan kuku mereka kedalam kaki mereka jika tidak terpakai.
Singa jantan mempunyai bulu tebal bernama mane. Mane itu tumbuh di kepala, leher, dan pundak. Mane itu akan semakin berwarna gelap dan makin penuh seiring singa jantan itu bertambah tua. Itu membuat singa terlihat lebih besar dan semakin menyeramkan untuk dilihat. Cubs, atau bayi singa, mempunyai bulu berbintik bintik dengan banyak titik. Titik - titik itu membantu mereka bersembunyi dari musuh disemak dan rumpun rumput. Titik itu semakin menghilang ketika bayi itu mulai bertumbuh. 

Singa tidak mempunyai hidup yang baik dialam liar. Mereka memaksa menderita kelaparan ketika mereka tidak dapat menemukan buruan. Mereka terluka dan terbunuh ketika berburu atau "berperang" melawan satu sama lain. Mereka menderita penyakit. Jantan mempunyai perlawanan mempertaruhkan nyawa. Singa jantan yang lebih muda "menantang" singa jantan yang lebih tua untuk menjabat sebagai pemimpin kelompok singa itu. Seringkali mereka berhasil "menggeser" jantan yang lebih tua. Betina "berperang" melawan singa jantan yang baru. Singa jantan yang baru mencoba untuk membunuh bayi singa yang dihasilkan oleh singa lain. Betina terlalu kecil untuk melawan jantan 1 dengan 1. Tetapi singa betina lain akan bergabung untuk melindungi bayi mereka. Singa jantan hanya hidup 10 tahun di alam liar. Betina hidup sedikit lebih lama dari pada jantan. Singa yang hidup di kebun binatang dimana mereka tidak dapat bertengkar dan terjaga, bisa hidup selama 25 tahun.  Singa pernah menjelajahi Eropa, Africa, Timur tengah, dan Asia. Orang telah menangkap dan membunuh singa sejak zaman purbakala. Mereka juga membunuh binatang yang dimakan oleh singa untuk hidup. Diberbagai tempat, orang telah menghancurkan tempat tinggal singa untuk membangun kota, jalan, dan tanah pertanian.


100.000 singa masih tertinggal di dunia. Hanya beberapa ratus singa Asia tinggal di India. Ribuan singa juga  tinggal di kebun binatang dan sirkus diseluruh dunia.
Sumber : Encarta kids



No comments:

Post a Comment