Thursday, December 2, 2010

Membuat Laporan binatang

Dari dulu aku sangat suka belajar binatang. Buatku belajar binatang sangat mengasyikan karena aku bisa belajar tentang keunikan binatang. Setiap binatang mempunyai kelebihan yang Tuhan beri untuk dia bisa bertahan hidup. Seperti :
Armadilo : binatang ini punya tempurung yang sekeras baja.
Harimau : Binatang ini punya loreng yang membuat mereka susah dilihat dilingkungannya.
Koala : Jarak antara tangan dan kaki binatang ini luas sehingga koala bisa bergelantung dengan erat - erat.
Lumba - lumba : Binatang ini mengeluarkan suara lalu mendengar pantulannya untuk mencari mangsa (echolocation)
Fakta - fakta tersebut membuat aku semakin kagum akan Tuhan karena Dia telah sangat memperhatikan semua binatang, terlebih aku anak - anakNya pasti Tuhan pelihara......  terlebih aku anak - anakNya pasti Tuhan berkati. Kemudian mommyku mulai mencari tahu cara membuat laporan tentang binatang dan menemukannya di blog "Belajar Tanpa Batas" ( ijin share diblogku yah......) Ada 11 langkah untuk menyelesaikan laporan binatang. Berikut adalah langkah - langkahnya, selamat membaca : 
1. Tuliskan nama binatangnya, kalau ada tuliskan juga nama latinnya. Meski dirasa sulit, namun cara ini membuat anak mengetahui bahwa klasifikasi species binatang adalah menggunakan nama yang berasal dari bahasa latin.
2. Gambarkan atau tuliskan anatomi atau penampakannya. Bagaimana bentuk binatangnya, apa ciri yang paling menonjol dari binatang tersebut, seberapa besar binatang tersebut jika dibandingkan dengan manusia, bagaimana bentuk giginya, bentuk kaki, bentuk kepala, bagaimana bentuk binatang tersebut ketika baru dilahirkan. 
3. Gerakannya. Bagaimana cara binatang tersebut bergerak? Apakah dengan terbang, berjalan, melompat atau melata. Bisa juga dituliskan ciri khas bergeraknya, apakah cepat atau lambat. Lalu bagaimana gerakannya ketika memangsa, ketika mengasuh anaknya, bahkan ketika tidur!
4. Makanannya. Apakah binatang ini termasuk omnivora, atau herbivora atau carnivora? Bagaimana caranya mendapatkan makanan? Dalam habitatnya, bagimana caranya membagi makanannya?
5. Habitatnya. Habitat adalah kelompok dimana binatang tersebut tinggal. Apakah di hutan, gunung, gurun, laut sungai, dll. Dari benua manakah asal habitatnya.
6. Adaptasi kondisi tubuh terhadap lingkungan. Misalnya jerapah yang sumber makanannya ada di ujung pohon yang tinggi maka tubuhnya beradaptasi melalui bentuk leher yang memanjang.
7. Siklus hidup/reproduksi. Apakah binatang tersebut bertelur atau beranak? Apakah mereka mengalami metamorfosis? Bahkan kapan binatang itu dinyatakan sebagai binatang dewasa yang siap mandiri tidak tergantung lagi pada induknya.
8. Pertahanan/Perlawanan. Ini membahas cara binatang tersebut dalam menghadapi musuh-musuhnya, baik itu predatornya maupun mangsanya.
9. Musuhnya. Apakah yang menjadi musuh binatang ini? Apakah binatang juga? Binatang jenis apa? Kalau bukan binatang lalu apa? Apakah virus? Atau manusia?
10. Statusnya, apakah termasuk binatang yang dilindungi? Seberapa mendesakkah perlindungannya? Kenapa harus dilindungi? Bagaimana cara menjaga kelestarian binatang ini?
11. Klasifikasinya : Kingdom, Phylum, Class, Order, Family, Genus, and Species. Penjelasan ini dibuat secara urut dan ditulis seperti tulisan aslinya.

Pada akhirnya, tuliskan juga sumber dari informasi tersebut dengan format :
  • Web Site : Penulis jika ada. Nama Situs, URL Situs, tanggal publikasai.
  • Buku : Penulis : Judul buku, Edisi. Lokasi penerbit : Nama penerbit, tahun publikasi.
  • Ensiklopedia : Judul Ensiklopedia, Volume ensiklopedia yang digunakan. Lokasi Penerbit : Nama penerbit, tahun publikasi, nomor halaman artikel.
  • Majalah atau journal : Penulis, " Judul Artikel." Nama majalah, Volume issue (tanggal) : nomor halaman artikel.

Dengan cara ini aku belajar membuat laporan dengan teliti dan lengkap. Pada prakteknya, satu laporan semacam ini tidak bisa selesai dalam 1 tahap pengerjaan, bisa 2 session atau bahkan 2 hari. Yang penting selesai dan aku belajar darinya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment